Rabu, 05 Oktober 2011

Object Oriented Programming (OOP) 1

Selanjutnya kita akan mulai membahas tentang dasar pemrograman objek. Terdapat beberapa Istilah dan penjelasan yang perlu diketahui tentang dasar dari oop, *dan mesti faham. Yaitu :

1. Kelas : merupakan unit terkecil dari pemrograman OOP yang berisi atribut (data- data mengenai kelas variabel, konstanta, kelas referensi, dll) dan juga method/behaviour (perilaku yang dapat dikerjakan oleh kelas).

2. Objek : merupakan pembentukan atau instansiasi dari kelas yang digunakan sebagai model di dunia nyata atau aplikasi yang akan dijalankan

3. Method : merupakan bagian dari kelas seperti function atau procedure yang menjelaskan bisa apa saja kelas itu

4. Constructor : merupakan salah satu method didalam kelas yang berfungsi untuk penciptaan objek baru dari kelas tersebut. Secara default constructor tidak punya parameter

Contoh penerapannya pada program JAVA :
Kita akan membuat kelas mahasiswa yang memiliki kemampuan untuk berkata namanya, nim, dan umurnya. Silahkan buka notepad, notepad++, atau aplikasi apapun yang bisa dipakai untuk coding. Beri nama kelas pertama dengan "Mahasiswa.java" (tanpa kutip). Nanti setelah selesai membuat codingan di bawah ini, terus buka Command Prompt dan ketikkan direktori dimana kamu menyimpan file tersebut. Lalu Compile dengan cara ketik "javac Mahasiswa.java" (tanpa kutip). Setelah selesai, buat satu kelas lagi yaitu kelas main yang berfungsi untuk menjalankan codingan dibawah. Buat file dengan nama "Main.java" (tanpa kutip). Lalu lakukan compile dan running di Command Prompt. Untuk melakukan running ketik "java Main"(tanpa kutip).
Silahkan dipelajari dolo : 
public class Mahasiswa{
 // ini merupakan atribut dari kelas mahasiswa
/**private merupakan visibility atau ketampakan yang hanya bisa diakses oleh kelas itu saja dan tidak bisa diakses oleh kelas lain / turunannya. Sedangkan public dapat diakses oleh semua kelas turunannya dan kelas dari package lain. Ada juga protected yang dapat diakses oleh semua kelas turunannya dan method kelas lainnya yang sepaket. Sedangkan default (tanpa ditulis visibilitynya) maka disebut visibility friendly sama seperti protected hanya saja kelas turunannya harus dalam package yang sama**/
 private String nama,NIM;
private int umur;
// ini merupakan constructor dari kelas mahasiswa sebagai pencipta //objek
public Mahasiswa(String nama,String NIM,int umur){
this.nama = nama;
this.NIM = NIM;
this.umur = umur;
}
//ini merupakan method getter 
//berfungsi untuk mengambil data yang diinputkan di constructor
        public String getNama(){
            return nama;
        }
        public String getNIM(){
            return NIM;
        }
        public String getUmur(){
            return umur;
    }

//ini merupakan behaviour/method/kelakuan yang dimiliki oleh kelas //mahasiswa
public void berkata(){
        System.out.println(" Halo nama saya : "+getNama()+" dengan NIM : "+getNIM()");
        System.out.println(" Umur saya : "+getUmur());
    }

}
Semua penerapan untuk langkah awal sudah selesai , sekarang untuk pembuatan objek :

public class Main{
  public static void main(String args[]){
//keyword new berfungsi untuk penciptaan objek baru dari sebuah kelas
Mahasiswa m1 = new Mahasiswa("Dimsum","113070244",21);
 m1.berkata();
 }
}
berikut tadi merupakan pengenalan awal dari oop1 ,semoga bermanfaat;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar